Header Ads

Kisaran Harga Detailing Mobil Untuk Mobil Keluarga

Daftar isi [Tampil]

Detailing mobil merupakan teknik yang digunakan untuk mempercantik dan juga merawat penampilan kendaraan agar bisa tampil sempurna. Untuk harga detailing mobil berbeda dengan perawatan mobil seperti biasanya dan umumnya juga lebih mahal. Upaya detailing meliputi eksterior, interior, hingga ke bagian mesin di mana bisa dilakukan baik dengan tangan maupun menggunakan mesin. 

Tujuan Detailing Mobil

Mengapa perlu dilakukan detailing? Pemilik atau pengguna kendaraan pasti tahu bagaimana kendaraannya bisa terkena kotoran setiap saat entah itu karena aspal jalanan, debu, hujan, oli, getah pohon, kotoran burung, sinar matahari, goresan kerikil, dan lainnya. Hal ini membuat tampilan kendaraan menjadi tidak enak dilihat oleh mata sehingga perlu dilakukan proses detailing. 

Ini Kisaran Harga Detailing Mobil Untuk Mobil Keluarga
Kisaran Harga Detailing Mobil Untuk Mobil Keluarga

Tahapan Detailing Mobil

Agar proses detailing dapat berakhir dengan sempurna maka terdapat tahapan yang baik dan dilakukan secara berurutan. Umumnya tahapan-tahapan proses detailing mobil yaitu: 

  1. Proses cleaning

Salah satu proses yang paling populer yaitu cleaning atau mencuci kendaraan. Proses ini memang terlihat sederhana, mencuci merupakan salah satu aktivitas bertujuan untuk menjaga penampilan kendaraan.

Membersihkan kendaraan memang merupakan hal yang sering digunakan untuk menjaga agar penampilan mobil tetap bagus namun ternyata salah satu faktor yang dapat membuat mobil cacat yaitu teknik atau peralatan yang tidak tepat saat membersihkan mobil. 

Dalam proses mencuci mobil, permukaan cat mobil akan dibersihkan dari kotoran yang menempel dan juga untuk mencegah kotoran terakumulasi di mana jika tidak rutin dibersihkan maka akan merusak penampilan kendaraan. Terdapat juga tahapan claying di mana aktivitas ini yaitu membersihkan endapan kotoran yang tidak terangkat saat mencuci mobil. Jenis lain yang juga termasuk ke tahapan ini yaitu paint cleaning. 

  1. Proses Preparasi / Paint Correction

Proses preparasi merupakan proses yang dilakukan untuk mengoreksi permukaan kendaraan akibat adanya goresan, oksidasi, baret, dan berbagai cacat lainnya. Proses ini sangat penting untuk hasil mobil yang maksimal pada tampilan. 

  1. Proses Proteksi

Proteksi permukaan mobil diberikan dengan lapisan wax, sealant, atau coating pada permukaan cat. Terdapat juga produk yang berbeda untuk melindungi krom, metal, ban, dan lainnya. Dengan ini maka permukaan cat mobil tidak akan mudah menempel debu dan kotoran sehingga tidak terakumulasi membuat mobil lebih sempurna.

  1. Maintenance

Proses terakhir yaitu maintenance untuk menjaga agar perlindungan bertahan optimal sehingga harus diberikan perawatan berkala. Perawatan berkala tersebut meliputi detailer, finishing, last touch, atau sejenisnya untuk mencegah agar kotoran tidak melemahkan proteksi yang telah diberikan. 

Kisaran Harga Detailing Mobil

Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan dengan detailing mobil. Detailing mobil memang umum digunakan untuk ajang kontes namun tidak sedikit pengguna mobil harian juga melakukan detailing mobil agar mobil lebih bersih dan apik. Banyak workshop yang sudah menawarkan jasa detailing bahkan dalam bentuk paket untuk memudahkan pengguna mobil memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. 

Harga detailing mobil keluarga sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis mobil yang digunakan. Untuk mobil ukuran kecil seperti small sedan, hatchback, atau city car dikenakan biaya sekitar Rp 2,5 jutaan. Sedangkan untuk mobil berukuran medium seperti mobil 5 seater dikenakan biaya sekitar Rp 3 jutaan dan untuk mobil berukuran besar seperti mobil 7 seater dikenakan biaya sekitar Rp 3,5 jutaan.

Untuk harga detailing ini tentu dapat berbeda-beda pada setiap workshop bergantung juga dengan paket detailing yang dipilih. Jadi harga yang ditawarkan bisa saja lebih murah ataupun lebih mahal. Ada baiknya untuk menanyakan detailing apa saja yang didapatkan dengan harga tersebut. 

Harga complete detailing yang ditawarkan umumnya sudah termasuk detailing eksterior seperti poles kaca mobil, multi step paint correction, dan waxing serta tambahan detailing interior menyeluruh dan juga pengerjaan detailing ruang mesin hingga undercarriage detailing atau bagian kolong mobil. 

Ada juga yang menawarkan nano ceramic coating setelah melakukan detailing sehingga cat mobil menjadi lebih terlindungi. Namun akan dikenakan biaya tambahan jika menggunakan nano ceramic coating yaitu sekitar Rp 3 jutaan di luar harga detailing yang ditawarkan. Untuk proses pengerjaan detailing mobil untuk mobil keluarga biasanya sekitar 4 – 6 jam tergantung tingkat kesulitan dan juga berat ringannya kotoran mobil.

No comments

Powered by Blogger.