Header Ads

4 Toko Ban Ternama di Tasikmalaya

Daftar isi [Tampil]
Bagi anda pecinta otomotif, memilih jenis ban yang tepat untuk berbagai tipe kendaraan merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena ban yang bagus merupakan salah satu faktor yang mendukung kenyamanan dalam berkendara.

Ilustrasi ban merk ternama
Ilustrasi ban merk ternama

Jadi jangan sampai anda salah memilih ban, karena ban yang tidak memiliki kualitas baik, sangat mudah rusak, dan cepat botak. Jika anda salah memilih ban yang tidak sesuai, hal itu dapat membahayakan keselamatan anda.

Perhatikan ini Ketika Membeli Ban

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada saat memilih ban. Beberapa hal tersebut antara lain:

Ukuran 

Setiap ban memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kendaraanya. Jika anda memperhatikan lebih detail, pada setiap ban terdapat sederetan angka-angka. Angka tersebut biasanya bertuliskan 185/60, 205/55, 195/65 dst. Angka itulah yang menjelaskan berapa ukuran ban tersebut.

Misalnya pada ban bertuliskan 185/60. Artinya ban tersebut memiliki diameter 185 milimeter dengan ketebalan 60 milimeter. Semakin besar angka ketebalan suatu ban, maka keseimbangan mobil akan semakin terjaga.

Kapasitas dan Kecepatan Maksimal

Kapasitas dan kecepatan maksimal pada suatu ban ditandai dengan sebuah kode, kode tersebut terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Contohnya seperti R’16 91V. Huruf ‘R’ yang menandakan ban berjenis Radial, dengan diameter velg 16 inci.

Sedangkan angka 91 menunjukan bahwa ban ini memiliki kapasitas beban mencapai 600 kg. Dan arti huruf ‘H’ mengartikan bahwa ban ini memiliki kecepatan maksimum 210km/jam.

Mungkin anda kebingungan dari mana hal tersebut dapat diketahui. Berikut adalah indeks agar anda dapat membaca arti kode pada ban yang ingin anda beli.

Kode Kapasitas Ban :

  • Kode 62: 265 kg
  • Kode 63: 272 kg
  • Kode 64: 280 kg
  • Kode 66: 300 kg
  • Kode 68: 315 kg
  • Kode 70: 335 kg
  • Kode 73: 365 kg
  • Kode 75: 387 kg
  • Kode 80--89: 450--580 kg
  • Kode 90--100: 600--800 kg

Kode Kecepatan Maksimal Ban

  • Kode P: 150 km/jam
  • Kode Q: 160 km/jam
  • Kode R: 170 km/jam
  • Kode S: 180 km/jam
  • Kode T: 190 km/jam
  • Kode H: 210 km/jam
  • Kode V: 240 km/jam
  • Kode W: 270 km/jam
  • Kode Y: >300 km/jam

Jenis 

Ban di Klasifikasikan dalam beberapa jenis tergantung dengan jenis kendaraannya. Jenis ban ini tercantum pada setiap ban dengan kode berupa huruf capital. Berikut klasifikasinya.


  • Passanger (P) : Ban yang digunakan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Seperi bus, mini bus, dsb.
  • Light Truck (LT) : Seperti namanya, jenis ban ini adalah jenis ban yang digunakan oleh truck-truck besar.
  • Special Trailer (ST) : Ban jenis ini digunakan untuk container besar yang digunakan untuk mengangkut barang-barang dengan muatan berton-ton beratnya.
  • Temporary (T) : Kategori ban jenis ini adalah ban yang biasa kita sebut dengan ban cadangan atau ban serep.
  • Radial (R) : Inilah kategori ban yang biasa digunakan untuk kendaraan komersial, kendaraan mobil biasa dengan jumlah penumpang 4-8 orang. 

Ukiran dan Tahun Pembuatan

Pilihlah ban dengan ukiran yang beralur ‘V’, karena ban dengan ukiran seperti itu memiliki daya gesekan yang tinggi. Hal ini menjadi penting karena semakin baik daya gesekan suatu ban, maka semakin kecil resiko untuk tergelincir.

Selain itu sebaiknya anda memilih tahun pembuatan ban yang masih baru diproduksi. Karena kualitas ban yang baru diproduksi lebih terjamin kualitasnya.

Toko Ban Ternama di Tasikmalaya

Sekarang anda sudah mengetahui tips cara memilih ban yang tepat, bagi anda yang sedang mencari ban dan kebetulan anda berdomisili di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya, berikut beberapa rekomendasi toko ban terpercaya yang dapat membantu anda.

Jakarta Jaya Ban

Toko yang berlokasi di Jalan HZ Mustofa No.272 Tasikmalaya ini, merupakan salah satu tempat menjual ban terlengkap. Segala jenis ban dari berbagai brand terkenal untuk berbagai tipe kendaraan ada disni.

Jakarta jaya ban juga menjual berbagai velg dengan berbagai ukuran. Selain itu, toko ini juga menjual berbagai macam jenis oli. Jika anda tidak sempat datang, atau hanya ingin sekedar menannyakan ketersediaan barang, anda tak perlu khawatir.

Anda bisa langsung klik website resmi mereka di Jakartajayaban.com. Disana selain anda dapat melihat stock, anda bisa bertanya langsung perihal apa yang anda sedang butuhkan melalui aplikasi WhatsApp yang ada pada website tersebut.

Putra Subur Ban

Distributor resmi brand Dunlop ini merupakan salah satu toko ban terbesar yang ada di Tasik. Tidak hanya menjual ban mobil, toko ini juga menjual ban motor dengan berbagai tipe dan ukuran.

Didaerah tasik sendiri, Putra Subur ban terdapat dibeberapa lokasi, salah satunya yang berlokasi di Jalan Brigdjen Wasitakusuma No.1, Indihiang, Tasikmalaya.

Disana anda tidak hanya dapat memilih berbagai ban, karena cabang ini juga memiliki tempat untuk menservice kendaraan.

Planet Ban

Siapa yang tidak mengetahui tempat menjual ban yang satu ini. Tak mengherankan memang, karena kurang lebih seribu cabang telah mereka buka diseluruh Indonesia termasuk di Tasikmalaya. Planet ban bisa dikatakan sebagai salah satu toko otomotif terlengkap.

Mereka tidak hanya menjual ban motor dan mobil dalam berbagai tipe dan ukuran, tapi mereka juga menjual berbagai jenis spare part untuk kendaraan bermotor anda. Maka tidak heran toko mereka begitu ramai.

Untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi, mereka sering memberikan promo untuk pengisian Nitrogen secara gratis untuk ban anda. Asik sekali ya.

Tirezone

Tirezone sebagai distributor resmi ban GT Radial di Indonesia,  yang sampai saat ini sudah memiliki banyak toko yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Seperti nama distributornya, toko ini hanya menjual ban jenis Radial, yang hanya diperuntukan untuk mobil berpenumpang saja.

Selain menjual ban, tempat ini juga dapat menerima service, penggantian spare part, spooring, balancing, penggantian oli, pengisian nitrogen dan masih banyak lagi. Apapun kebutuhan mobil anda, dapat anda temukan disini.

Semoga Artikel ini dapat membantu anda untuk menemukan ban yang cocok untuk jenis kendaraan anda. Dan semoga keempat toko ban ini dapat menjadi bahan referensi anda dalam berbelanja.

No comments

Powered by Blogger.