Header Ads

Motor Matic Bergetar Saat RPM Rendah? Ini Alasannya

Daftar isi [Tampil]
Motor matic sekarang ini menjadi favorit banyak orang sebagai efek semakin parahnya kemacetan di jalan raya. Menggunakan kendaraan matic memang dirasa lebih praktis dan nyaman terutama di perkotaan yang padat. Hanya saja kadang kenyamanan menjadi berkurang disebabkan motor matic bergetar saat RPM rendah. Akan semakin menjadi masalah jika hal tersebut terjadi pada pengendara ojek online yang bisa menyebabkan komplain oleh penumpang.

Motor Matic Bergetar Saat RPM Rendah? Ini Alasannya
Motor Matic Bergetar Saat RPM Rendah? Ini Alasannya

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan RPM dan mengapa mengapa bisa terjadi getaran pada motor matic saat RPM rendah atau tinggi? RPM adalah singkatan dari Rotasi Mer Meter pada motor matic sebenarnya sudah disetel secara otomatis hanya saja kadang bisa terjadi beberapa gangguan pada mesinnya. Lalu apa penyebab timbulnya getaran tersebut? Akan dibahas dibawah ini.

Penyebab Getaran Pada Motor Matic

Terdapat Kerusakan Pada Komponen Kendaraan
Kasus terjadinya motor matic bergetar saat RPM rendah biasanya disebabkan adanya kerusakan pada komponen tertentu yang ada pada kendaraan tersebut. komponen yang dimaksud adalah yang ada dalam CVT sebagai bagian utama pada motor matic.

Komponen tersebut antara lain roller cvt, fan belt, cvt spring, clutch housing dan weight set. Jika salah satu dari komponen tersebut aus maka bisa menimbulkan rasa bergetar pada motor matic saat RPM-nya rendah.

Adanya Masalah Pada Pelek Motor
Selain disebabkan oleh kondisi kerusakan atau aus pada komponen yang telah disebutkan di atas getaran bisa juga terjadi karena adanya masalah pada pelek motor. Biasanya getaran pada motor matic terjadi saat kendaraan dipacu dengan kecepatan sekitar 60-100 km/ jam. Pada kecepatan tinggi getaran juga kadang dirasakan.

Bagaimana itu bisa terjadi? Ya, dalam kasus seperti ini biasanya dialami oleh motor matic yang menggunakan pelek casting atau CW yang memiliki lebar 2,5 inchi serta yang lebih dari itu. Masalah biasanya terjadi diakibatkan karena adanya kerusakan pada bearing atau jika ban sudah cukup halus permukaannya.

Solusi Untuk Menghilangkan Getaran Pada Kendaraan Matic
Tentunya sebagai pemilik Anda harus segera menangani masalah motor matic bergetar saat RPM rendah dan tinggi. Karena jika tidak maka akan semakin mengganggu kenyamanan saat berkendara. Yang pertama tentunya Anda harus mengganti komponen pada mesin utama yaitu CVT yang mengalami kerusakan atau yang sudah aus. Terutama pada komponen weight set dan clutch housing.

Solusi yang kedua adalah bersihkan komponen-komponen tersebut mungkin karena kotor membuat performanya menjadi terganggu. Tetapi jika Anda sudah membersihkannya tetapi tetap saja terjadi masalah motor matic bergetar saat RPM rendah artinya memang suku cadang dari komponen tersebut sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru. Jangan tunda untuk mendatangi bengkel resmi kendaraan matic Anda untuk diperiksa oleh montir.

No comments

Powered by Blogger.